
Prokopim Pemkab Kubu Raya
PONTIANAKINFORMASI,CO,ID, Lokal – Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya resmi meluncurkan aplikasi pengaduan layanan bernama Halo Tukang Ledeng, Jumat (26/9/2025). Acara peluncuran yang berlangsung di Hotel Qubu Resort, Kubu Raya, ini dihadiri oleh Bupati Kubu Raya Sujiwo, Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, dan Direktur Perumda Tirta Raya Harmawan.
Dalam sambutannya, Bupati Sujiwo menyampaikan apresiasinya kepada Direktur Perumda atas inisiatif dan komitmennya dalam mengembangkan sistem layanan digital yang bertujuan memperkuat pelayanan serta kepercayaan masyarakat terhadap kinerja perusahaan.
“Saya menyambut baik pengadaan sistem aplikasi Halo Tukang Ledeng ini dalam rangka memberikan pelayanan prima, membangun trust (kepercayaan) publik terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Raya,” ujar Sujiwo.
Bupati menjelaskan bahwa aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan maupun permintaan layanan air bersih. Selain itu, pelanggan dapat memantau perkembangan penanganan secara cepat, efisien, dan transparan.
“Permasalahan penyediaan layanan air bersih ini merupakan permasalahan terbesar kedua di Kabupaten Kubu Raya setelah permasalahan infrastruktur.
Oleh karena itu, saya memberikan atensi dan perhatian yang sangat serius terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Raya,” ucapnya.
Sujiwo juga mengungkapkan harapannya agar kehadiran aplikasi ini mampu mendorong peningkatan kinerja Perumda, termasuk perluasan cakupan layanan, khususnya di wilayah perbatasan antara Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.
“Saya berpesan kepada Direktur Perumda beserta jajaran, agar selalu berupaya meningkatkan pelayanan, melakukan evaluasi kinerja secara komprehensif dan akuntabel, dan melakukan perbaikan berkelanjutan.
Manajemen harus menerapkan good corporate governance dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.
Mengakhiri sambutannya, Sujiwo mengajak seluruh pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raya untuk memanfaatkan aplikasi Halo Tukang Ledeng secara maksimal sebagai sarana partisipatif dalam meningkatkan pelayanan publik.