Nasional News

Ketua BEM SI Diserang Netizen Usai Sebut Zaman Orba Ada Kebebasan

Ketua BEM SI
Foto: Tangkapan Layar YouTube Metro TV

Berita Nasional, PONTIANAK INFORMASI – Ucapan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kaharuddin yang menyebut rezim orde baru diperoleh kebebasan dan kesejahteraan dibanding sekarang menjadi viral di media sosial.

Ucapan tersebut disampaikan Kahruddin dalam acara Hot Room Metro TV yang bertajuk “Demo Untuk Apa?” yang dipandu oleh Hotman Paris

Pada kesempatan tersebut Kaharuddin mengatakan, kesejahteraan dan kebebasan menjadi dua diantara tuntutan mahasiswa yang melakukan aksi demo.

“Misalkan di orde lama, kita peroleh kebebasan tapi kesejahteraan tidak. Orde baru kita peroleh yang namanya kebebasan, kesejahteraan kita punya. Hari ini yang ingin kita (mahasiswa) tanyakan adalah apakah kita peroleh kesejahteraan? Apakah kita peroleh kebebasan?” ucapnya, dikutip PI dari tayangan Metro TV, Senin (18/4/2022).

Membantah pernyataan Kaharuddin, Mantan Aktivis 1998 Masinton Pasaribu mengatakan bahwa, apa yang dibicarakan Kaharuddin keliru dan tidak sesuai sejarah di lapangan.

Menurut Politikus partai banteng itu, orde baru justru sebaliknya, kebebasan berpendapat tidak ada. Sementara terkait kesejahteraan, ada, namun semu.

“Orde baru itu tidak ada yang namanya kebebasan. Kesejahteraan ya semu. Teman-teman mahasiswa juga harus objektif karena kebebasan tidak ada dalam alam masa orde baru, makanya kami dan teman-teman tahun 97 98 menentang itu, memperjuangkan adanya demokrasi,” tegas Masinton.

Hotman Paris juga menyampaikan hal yang senada. Ia menyarankan agar para mahasiswa dapat belajar lagi dari para seniornya aktivis mahasiswa 98.

“Jadi kayaknya para mahasiswa perlu belajar ini dari yang senior (mahasiswa 98),” tegasnya.

Cuplikan video yang viral itu menjadi bulan-bulanan netizen lantaran apa yang disampaikan oleh Kaharuddin dinilai kurang tepat.

“Ini Ketua BEM SI ketauan minim literasi,” cuit akun Twitter @hrmnt80.

“Ketua BEM SI hrsnya orang yg punya pengalaman luas, berintelektual tinggi cerdas dan komunikatif, krn dia cerminan dari Mahasiswa seluruh Indonesia, kl BEM SI macam dia wajarlah pd dihujat,,! padahal kwalitas Mahasiswa bnyk yg lbh selain dia,!” tulis @Daspan_Arya.

“Ketua BEM SI selanjutnya perlu banyak-banyak belajar agar tidak membuat statement-statement seperti statement dari ketua BEM SI kemarin,” saran akun @Studio24jam.

(yd)

Tags