Lokal, News  

Antisipasi Bencana Alam Tahun 2022, Polda Kalbar Gelar Apel Pengecekan Sarpras

Foto: Humas Polda Kalbar

 Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar apel pengecekan sarana dan prasarana, Untuk mengantisipasi bencana alam tahun 2022, yang dilaksanakan di Lapangan Jananuraga, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, pada Rabu (12/01/ 2022).
 
Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M mengatakan apel ini sebagai persiapan apabila terjadi bencana banjir di pertengahan tahun.
 
“Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina berlangsung hingga pertengahan tahun 2022, apabila musim penghujan yang berlebihan akan terjadi banjir di beberapa tempat khususnya di Kalimantan Barat,” katanya.
 
Menurut Kapolda Kalbar, faktor terjadinya banjir kita semua tahu, bahwa dari sekian luas wilayah hutan yang menjadi perkebunan, faktor itulah sebagai salah satu pencetus atau penyebab terjadinya bencana alam banjir apabila terjadinya curah hujan yang cukup banyak.
 
Apel  ini akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan potensi ancaman, Ia berharap melalui rencana kita dapat lebih siap, lebih siaga dan memiliki kewaspadaan dalam menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu.
 
“Kita harus tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga apabila terjadi bencana sudah siap, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kesadaran adanya kesiapsiagaan serta terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana sehingga dapat meminimalisir adanya korban apabila ada bencana alam,” ujarnya.
 
Selanjutnya, hal berkaitan dengan adanya varian baru omicron yang masuk ke Indonesia, untuk di Kalimantan Barat sementara ini belum terdeteksi.
 
“Dengan begitu kita lebih berhati-hati, dengan menggunakan masker ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara yang kita tidak tahu riwayatnya. Serta mencuci tangan supaya tidak menempel di mukosa kita,” pungkasnya. (ja)