Kesehatan Lokal News

Berlakukan Vaksin Booster di Kota Pontianak, Kadinkes Sidiq Sebut Prioritas Bagi Lansia

Foto: Dok. PIFA

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Kepala Dinas Kesehatan kota Pontianak Sidiq Handanu memastikan vaksinasi ketiga atau booster Covid-19 gratis akan dimulai Kamis (13/1/2022) secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota Kalimantan Barat.

Di Kota Pontianak vaksinasi booster ini akan dilaksanakan di semua fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit dan sentra vaksinasi seperti gedung Pontianak Convention Centre (PCC) di setiap harinya.

“Vaksinasi booster di Kota Pontianak hanya diprioritaskan bagi lansia yang berusia 60 tahun ke atas,” ujarnya Sidiq, mengutip rilis yang diterima PIFA, Rabu, (12/01/2022).

“Pelaksanaan vaksinasi booster pada usia 18 tahun ke atas hanya bisa dilaksanakan jika kabupaten/kota sudah memenuhi syarat total vaksin tahap pertama (V1) bagi masyarakat umum di atas 70 persen dan V1 lansia sudah mencapai 60 persen,” katanya.

Lebih lanjut ia berkata, Pemerintah pusat menetapkan capian vaksinasi berdasarkan NIK akibatnya cakupan vaksinasi di kota Pontianak yang semula menembus target capaian dari sisi data pun menurun. Sehingga vaksinasi booster di kota Pontianak pun tidak bisa diberikan untuk semua jenjang usia.

“Jadi karena ditariknya berdasarkan NIK capaian vaksinasi di kota Pontianak itu baru mencapai 67 persen dan vaksinasi lansia sekitar 49 persen. Vaksinasi lansia ini memang masih rendah karena itu kita tiap hari tetap mengejar capaian vaksinasi lansia,” pungkasnya.

Sidiq menilai, pemberian vaksinasi booster itu perlu dilakukan untuk memperkuat kadar immunoglobulin atau antibodi yang ada di dalam tubuh. Sementara, vaksinasi dosis pertama berfungsi untuk menstimulasi antibodi selanjutnya pemberian vaksin dosis kedua akan meningkatkan antibodi itu lagi.

“Menurut penelitian dalam jangka waktu 6 bulan akan terjadi penurunan antibodi sehingga diperlukan suntikan booster untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari bakteri dan virus,” paparnya. (rs)