Indonesia Kembali Terima Bantuan Vaksin Moderna dari AS, Hari Ini Tiba 3,5 Juta Dosis

Ilustrasi Vaksin Moderna, Foto: IDN Times

Indonesia kembali menerima kiriman bantuan Vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS), total ada sebanyak 3,5 juta dosis vaksin yang tiba di Jakarta hari ini, Minggu (1/8/2021). Kedatangan bantuan vaksin itu diumumkan langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y. Kim.

Pada bulan Juli 2021 Indonesia juga mendapat kiriman 4,5 juta dosis Vaksin Moderna dari AS. Sehingga total bantuan Vaksin Moderna yang telah dikirimkan oleh AS adalah sebanyak 8 juta dosis.

Mewakili negeri Paman Sam, Sung Y. Kim mengatakan pemerintah AS akan terus berupaya membantu Indonesia menanggulangi pandemi Covid-19.

“AS dengan bangga dan gembira dapat mengambil peran untuk membantu mengakhiri pandemi Covid-19 dengan kontribusi dosis vaksin ke Indonesia. Kami akan terus mendukung upaya Indonesia menyediakan vaksin dan membantu Indonesia untuk bergerak lebih dekat menuju pembukaan kembali ekonomi yang aman,” kata Sung Y. Kim, mengutip dari keterangan Pers Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima oleh redaksi Sindonews (1/8/2021).

Seperti dilansir dari Sindonews, vaksin dikirim melalui COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung pemberian akses yang merata terhadap vaksin Covid-19. 

“AS diketahui memberikan kontribusi senilai USD 4 miliar melalui Gavi, Aliansi Vaksin untuk COVAX AMC. Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 untuk 92 negara, termasuk Indonesia,” tulis Redaksi Sindonews.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden juga telah berkomitmen untuk menyediakan 80 juta vaksin Covid-19 yang aman dan efektif untuk negara-negara yang memerlukannya. Disebutkan bahwa Biden merencanakan bantuan sebanyak 80 juta dosis vaksin untuk dunia. Sekitar 23 juta lebih dari total bantuan itu ditujukan untuk negara-negara di Asia.

(Sindonews)