Lokal News

Lantamal Pontianak Lakukan Vaksinasi untuk Nelayan yang Baru Datang Melaut

Vaksinasi Nelayan
Pelaksanaan vaksinasi di kapal nelayan. Foto: Antara Kalbar.

Sasar para nelayan, Lantamal XII Pontianak melakukan vaksinasi Covid-19 untuk nelayan yang selesai melaut di pelabuhan kapal-kapal nelayan. Menurut Danlantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, vaksinasi untuk nelayan langsung di lokasi rutinitas hariannya itu dilakukan sebagai upaya jemput bola dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi di Kalimantan Barat.

Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan, vaksinasi hari ini ditujukan untuk para nelayan di Pontianak.

“Kali ini, Serbuan Vaksinasi yang kami lakukan itu menyasar para nelayan yang ada di Kota Pontianak yang baru saja datang melaut dalam waktu panjang yakni sekitar laut empat hingga lima bulan,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara Kalbar.

Melansir dari Antara Kalbar, sebagai atensi yang diberikan, Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, didampingi para Pejabat Utama Lantamal XII dan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg Heru Subagyo selaku Dansatgas Penanggulangan COVID-19 meninjau langsung kegiatan Serbuan Vaksinasi tersebut.

Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman menambahkan, vaksinasi yang bersinergi dengan Satuan Kapal Patroli dan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII itu dilakukan guna mencegah penularan Covid-19 saat para nelayan pulang ke rumahnya.

“Serbuan vaksinasi itu kami lakukan agar ketika mereka pulang ke rumah, sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah para nelayan dan keluarganya terpapar COVID-19,” tambahnya.

Sebelum vaksinasi dimulai, Tim Sea Reader Satuan Kapal Patroli yang dipimpin oleh Dansatrol Lantamal XII Letkol Laut (P) Kariyadi Bangun berpatroli mengecek kapal ikan yang masuk ke alur Sungai Kapuas Kota Pontianak. Kemudian, Tim Patroli memastikan apakah Anak Buah Kapal (ABK) kapal ikan yang baru pulang melaut sudah menerima vaksin COVID-19 atau belum.

Komandan Lantamal XII Pontianak saat melakukan kunjungan itu juga menyampaikan bahwa vaksinasi yang diperuntukkan kepada para nelayan yang baru pulang dari laut ini dilakukan karena sebagian besar dari nelayan belum menerima vaksin.

“Sehingga Lantamal XII melaksanakan jemput bola menurunkan tim vaksinatornya untuk melakukan vaksinasi terhadap nelayan yang baru tiba di Dermaga Perikanan ini,” ungkapnya.

Disampaikan juga olehnya, selain melakukan serbuan vaksinasi di kapal-kapal ikan yang baru pulang melaut, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi bagi nelayan yang sedang menyandarkan kapalnya di di Dermaga di Jalan Komodor Yos Sudarso Pontianak, tempat kapal ikan tersebut melakukan bongkar muat.

Sebelum disuntik vaksin, para nelayan diperiksa kesehatannya. Vaksinasi hanya diberikan pada mereka yang memenuhi syarat kondisi kesehatannya. Total ada sebanyak 113 nelayan melakukan registrasi, hanya 110 orang nelayan yang memenuhi syarat.

Dalam kesempatan itu, petugas juga mengimbau agar para nelayan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatannya sehari-hari.

Satu di antara nelayan yang menerima vaksin, Joni mengaku senang dengan vaksinasi yang dilakukan Lantamal Pontianak. Dia juga menyampaikan salam terima kasihnya pada Lantamal.

“Kami senang sekali karena telah divaksin, karena saya bekerja di laut selama empat bulan, belum pernah di vaksin. Terima kasih untuk TNI AL Lantamal XII Pontianak yang telah memvaksin kami,” pungkasnya.

(Antara Kalbar)