Kesehatan Kesehatan News Tips dan Trik

Menurut Dokter, Berikut Rekomendasi 7 Minuman Peningkat Imun Tubuh

Selain makanan, beberapa minuman juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Salah seorang Dokter Umum yang bertugas di Halodoc dr. Rizal Fadli, mengatakan bahwa tubuh yang mengandung lebih dari 60 persen cairan tak bisa luput dari asupan minuman yang berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh.

“Mungkin kamu lupa kalau tubuh mengandung lebih dari 60 persen cairan. Itu sebabnya hal yang tidak boleh diluputkan adalah asupan minuman yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Air kelapa, jus semangka, air kunyit adalah beberapa minuman yang direkomendasikan untuk daya tahan tubuh.” Dikutip dari salam sapa Dokter Rizal di Halodoc, Jumat (16/7/2021).

Terlebih di saat pandemi Covid-19 sekarang, menjaga dan meningkatkan imun tubuh dapat membuat kita tetap bugar, sehat, dan aman dari paparan Virus Corona. Seperti dilansir dari situs Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM), penyakit yang disebabkan oleh virus merupakan jenis penyakit yang mengandalkan kekuatan imun tubuh kita.

“Penyakit akibat virus memang pada umumnya merupakan ‘self-limiting disease’ yang mengandalkan kekuatan pertahanan tubuh. Karena itu telah banyak dikampanyekan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tertularnya infeksi virus, dan kalaupun tertular, tubuh akan kuat melawannya, mengutip dari situs Farmasi UGM.

Lalu, minuman apa saja yang direkomendasikan untuk dapat meningkatkan imun tubuh kita?

Dilansir dari Halodoc, berikut ini 7 minuman yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh manusia:

1. Coconut Oil

Minyak kelapa dapat diminum sebanyak satu sendok makan setiap harinya. Minyak tersebut juga bisa dimasukkan ke dalam smoothie ataupun kopi. Menurut Halodoc, coconut oil masuk dalam kategori lemak sehat yang mudah dicerna dan berenergi.Selain untuk meningkatkan imun tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mengurangi lemak perut.

2. Air Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memberikan manfaat kesehatan luar biasa untuk tubuh manusia.  Kita bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu dan didihkan selama 5 menit, lalu tambahkan madu sebagai pemanis. Seperti yang disampaikan oleh Dokter Rizal, kombinasi minuman ini sangat sehat dan mendukung daya tahan tubuh. Kunyit memiliki sifat inflamasi untuk pemulihan energi, meningkatkan tingkat kinerja dan stamina serta menstimulasi perbaikan otot.

3. Jus Bit

Hasil penelitian menyebutkan, mengonsumsi segelas jus bit setiap hari dapat membantu menghilangkan rasa lelah. Jus ini cocok untuk kita yang aktif bergerak atau olahraga, jus bit sangat baik meningkatkan stamina.

“Minum segelas jus bit sehabis beraktivitas padat dapat dengan segera memulihkan tenaga dan mengganti cairan yang hilang,” tulis Dokter Rizal di Halodoc (16/7).

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung teh polifenol yang dapat melawan stres dan mengatasi kelelahan. Kita bisa menambahkan satu sendok teh daun teh hijau ke dalam satu cangkir air panas, kemudian ditambahkan madu sebagai pemanis lalu konsumsilah 2-3 kali sehari.

Hasil penelitian yang terbit dalam Jurnal American Physiology Society pada 2005 menjelaskan bahwa teh hijau memberikan efek yang positif pada tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga tidur tetap pulas, hingga membakar lemak ekstra di tubuh.

5. Air Kelapa

Selain minyak kelapa, airnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman sehat yang memiliki sejuta manfaat ini sangat direkomendasikan untuk orang yang baru pulih dari sakit. Di samping itu, air kelapa juga efektif dalam menetralisir racun dan alergen. Mengonsumsi air kelapa juga dapat menjaga kesehatan kulit dan asupan cairan di dalam tubuh kita.

6. Jus Semangka

“Jus semangka juga dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya mengapa para atlet direkomendasikan untuk mengonsumsi jus semangka setelah latihan dan sehabis pertandingan,” mengutip dari Halodoc.

Jus semangka mengandung amino L-citrulline yang dapat mempercepat proses penyembuhan rasa lelah yang luar bisa. Jus ini juga dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang.

7. Susu

Sudah menjadi rahasia umum, susu juga menjadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang memperkuat tulang dan menjaga imun tubuh supaya tetap bekerja secara maksimal.