Lokal, News  

Muda Mahendrawan Bangun Gedung Dakwah BKMT untuk Pusat Pemberdayaan Perempuan

Momen Bupati Kubu Raya seusai penancapan pondasi Gedung Dakwah BKMT Kubu Raya. (Dok. PIFA/Rino Putradi)

PONTIANAK INFORMASI, KUBU Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, melakukan upacara penancapan fondasi untuk memulai pembangunan Gedung Dakwah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Kubu Raya. Proyek ini dilaksanakan di Jalan Ayani III, Kecamatan Sungai Raya, dan dimulai pada Sabtu (16/9).

Bupati Muda menekankan bahwa gedung ini akan memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan BKMT, serta akan menjadi tempat untuk berbagai aktivitas yang terkait dengan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Kubu Raya.

Awalnya, lahan tempat pembangunan gedung ini merupakan wakaf dari dr. Muhammad Hashim lima tahun yang lalu, yang kemudian dipercayakan kepada BKMT. Bupati Muda menjelaskan bahwa usaha mereka untuk merealisasikan pembangunan ini telah mencapai tahap anggaran dan perencanaan yang selesai.

Pembangunan gedung BKMT Kabupaten sebenarnya direncanakan pada tahun sebelumnya, tetapi karena adanya permintaan dari beberapa kecamatan untuk membangun gedung BKMT, maka pembangunan gedung BKMT Kabupaten baru dapat dimulai pada awal tahun 2024 mendatang, dengan prioritas pembangunan di tiga kecamatan, yaitu Sungai Raya, Sungai Kakap, dan Sungai Ambawang.

Bupati Muda menjelaskan bahwa gedung BKMT Kabupaten ini akan menjadi pusat kegiatan bagi pengurus BKMT dan pihak lainnya, terutama untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan. Kegiatan-kegiatan ini melibatkan berbagai aspek, seperti kesehatan ibu dan anak, pemberdayaan, dukungan terhadap usaha mikro, pelatihan untuk peningkatan wawasan, pendidikan usia dini, dan berbagai kegiatan informatif lainnya.

“Karena BKMT ini kan lengkap. Mereka juga bicara kesehatan ibu dan anak, pemberdayaan, penguatan UMKM, pelatihan-pelatihan peningkatan wawasan, kegiatan-kegiatan edukasi, pendidikan usia dini, dan berbagai kegiatan informatif lainnya,” jelasnya.

Sebagai tambahan infotmasi, BKMT adalah sebuah organisasi yang kompleks dan memiliki peran yang signifikan dalam berbagai kegiatan di desa-desa. Oleh karena itu, pembangunan gedung ini dianggap penting untuk mendukung aktivitas dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Selama ini, BKMT seringkali harus mencari tempat seperti aula kantor camat atau lainnya untuk melakukan kegiatan mereka, sehingga keberadaan gedung ini akan membuat semua kegiatan menjadi lebih efektif. (hs)

https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/