Selamat! Kinerja Menhan Prabowo Sukses Jadikan Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

Foto: SindoNews

Nasional – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sukses membawa pasukan militer Indonesia menjadi yang terkuat di Asia Tenggara menurut data situs Global Fire Power.

Di tingkat dunia, Indonesia menempati peringkat ke-16 dari 140 negara. Menanggapi capaian itu, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menilai Menhan Prabowo telah all out dalam memperkuat sektor pertahanan Republik Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI dari Partai besutan Prabowo itu mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Menhan, salah satunya adalah modernisasi alutsista.

“Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan di bawah Prabowo Subianto di saat yang sama juga terus melakukan upaya modernisasi alutsista, juga berupaya memperbesar dan memperkuat TNI melalui pembentukan komponen cadangan TNI yang ditetapkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu,” ucap Dasco, mengutip Antara, Kamis (14/10/2021).

Merujuk dari data yang di rilis situs Global Fire Power, Negara Indonesia mencatatkan skor 0.2684 untuk bidang kekuatan militer. Seperti dilansir dari situs tersebut, skor dibuat berdasarkan akumulasi semua aspek kekuatan militer yang dikalkulasi menjadi indeks skor oleh Global Fire Power.

Berdasarkan skor itu, Indonesia resmi menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat di Asia Tenggara (ASEAN). Peringkat kedua ditempati Vietnam, sementara yang ketiganya militer Thailand.

Bila diurutkan, berikut peringkat kekuatan militer ASEAN:

  1. Indonesia
  2. Vietnam
  3. Thailand
  4. Myanmar
  5. Singapura
  6. Malaysia
  7. Filipina
  8. Kamboja
  9. Laos

Di tingkat dunia, kekuatan militer Indonesia yang menempati posisi ke-16 berhasil mengalahkan sejumlah negara besar lainnya. Peringkat militer Indonesia di atas Arab Saudi yang bertengger di posisi ke-17 dan Australia di posisi 19.