Lokal News

Wako Edi Kamtono Dukung Pembentukan Posko PPKM di Pasar Flamboyan

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat meninjau pembentukan Posko PPKM di Pasar Flamboyan oleh Polresta Pontianak Kota. Foto: Prokopim Pemkot Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendukung dibentuknya Posko PPKM di Pasar Flamboyan. Edi berharap Posko yang dibentuk oleh Polresta Pontianak Kota dapat membantu tugas Satgas Covid-19 Kota Pontianak dalam penanganan pengendalian Covid-19.

Posko yang didirikan mengunakan tenda itu menempati halaman parkir Pasar Flamboyan, dilengkapi juga dengan petugas yang bersiaga. Edo menjelaskan bahwa selain berfungsi sebagai pusat informasi dan kendali, posko tersebut juga menyediakan alat swab antigen untuk tracing dan testing.

Edi berharap kehadiran Posko PPKM itu bisa tetap ada hingga level penanganan pandemi Covid-19 di Kota Pontianak terus turun. 

Diketahui bahwa Pontianak saat ini sedang berada di zona oranye dengan pelaksanaan PPKM Level 3. Dikatakan Edi, pihaknya ingin Pontianak bisa turun hingga zona kuning dan menyentuh level satu.

Kemudian, Edi menerangkan bahwa pembentukan Posko PPKM di Pasar Flamboyan itu juga bagian dari kolaborasi bersama dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak.

Di samping itu, keberadaan Posko PPKM itu juga untuk mengingatkan warga, baik di kalangan pedagang maupun pengunjung pasar, untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan dan selalu waspada terhadap pandemi Covid-19 yang belum kini masih mewabahi Indonesia, termasuk di Pontianak.

“Seharusnya jumlah pengunjung di pasar tidak membludak sehingga tidak terjadi kerumunan. Hal itu akan kita ingatkan terus kepada pengunjung yang datang supaya menjaga jarak,” pinta Edi.

Menurut Edi, pihaknya tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Memang masih ditemukan pengunjung maupun pedagang yang mengenakan masker tidak secara benar, misal diturunkan ke dagu atau di bawah hidung. Oleh sebab itu petugas yang berada di Posko PPKM nantinya akan menegur mereka yang tidak mengenakan masker maupun yang mengenakan masker secara tidak benar.

“Kita juga akan terus menggencarkan vaksinasi agar pedagang dan warga seluruhnya bisa di vaksinasi,” ucapnya.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Andi Herindra menuturkan, Posko PPKM yang dibentuk ini dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan seperti tracing dan testing. Petugas yang bertugas pada Posko PPKM di Pasar Flamboyan ini disiagakan sebanyak 35 personil yang terdiri dari Polri, TNI dan Satpol PP.

“Kegiatan himbauan, testing dan tracing tetap kita laksanakan, patroli-patroli tetap kita lakukan sebagaimana biasanya,” imbuhnya.

(Prokopim Pemkot Pontianak)