Lokal News

Ajak Masyarakat yang Belum Divaksin untuk Ikut Vaksinasi, Suriansyah: Bantu Sukseskan Program Pemerintah dan untuk Kebaikan Bersama

Suriansyah
Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Kalbar 2019-2024. Foto: Dok. DPRD Kalbar

Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – DPRD Provinsi Kalbar mengajak masyarakat Kalbar yang belum disuntik vaksin Covid-19 untuk segera mengikuti vaksinasi. Wakil Ketua DPRD Kalbar Suriansyah menilai, keikutsertaan masyarakat dalam vaksinasi adalah upaya untuk membantu menyukseskan program pemerintah.

Suriansyah menambahkan, vaksinasi juga untuk kebaikan bersama agar target Herd Immunity (kekebalan komunal) di Indonesia dan Kalbar secara khususnya segera tercapai.

“Saya mengajak masyarakat Kalbar yang belum sama sekali mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 untuk segera ikut vaksin. Ini untuk kebaikan bersama, kalau semuanya sudah vaksin setidaknya kita kebal terhadap virus,” ajaknya melalui WhatsApp Call, Selasa (21/12/2021).

Mengutip dari laman resmi WHO, kekebalan komunal merupakan konsep yang digunakan untuk imunisasi, dimana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.

Menurut Dewan dari Dapil Kalbar 4 Kabupaten Sambas ini, keikutsertaan masyarakat dalam program vaksinasi dapat mempercepat capaian vaksinasi Provinsi Kalbar masih di bawah 60 persen.

Adapun capaian vaksinasi dosis pertama Kalbar merujuk dari Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar per 20 Desember 2021 ialah sebanyak 58,84 persen, sementara dosis kedua 41,14 persen.

Sebelumnya, Suriansyah mendorong Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari masing-masing kabupaten di Kalbar untuk mempercepat vaksinasi.

 “Saya lihat data vaksinasi di Kalbar masih di bawah 60 persen, ini masih cukup jauh dari target capaian herd immunity di atas 70 persen. Saya berharap Forkopimda tiap kabupaten terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi agar target tersebut secepatnya tercapai,” pungkasnya.