Lokal News Pariwisata Travel

Puncak Arus Balik Idul Fitri di Bandara Internasional Supadio Diprediksi Hari Sabtu dan Minggu

Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – PT. Angaksa Pura II Bandara Internasional Supadio Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) memprediksikan puncak arus balik Idul Fitri 1443 H akan terjadi pada H+4 (hari Sabtu) besok dan H+5 (hari Minggu) lusa.

“Puncak arus balik ini terjadi dikarenakan di dua hari itu merupakan batas terakhir masa cuti bersama, sehingga diprediksikan pergerakan penumpangan akan lebih meningkat jika dibandingkan pada hari-hari sebelumnya”, kata petugas Officer In Charge (OIC) Bandara Internasional Supadio Wendar Apriadi saat rilis yang diterima Pontianak Informasi, Sabtu (7/5/2022) pagi.

Wendar menilai, puncak arus balik ini juga dikarenakan masa liburan atau masa lebaran tahun ini tidak terpisah, artinya baik pelajar, pekerja, masyarakat dan pemudik itu liburnya bersamaan.

“Sehingga prediksi puncak arus mudik bisa terjadi pada dua hari kedepan”, ujarnya.     

Wendar menyatakan pergerakan penumpang angkutan udara usai libur Idul Fitri 1443 Hijriah pada H+3 hari ini mulai ada peningkatan peningkatan pada arus balik lebaran 2022.  

“Peningkatan jumlah penumpang ini seebenarnya sudah terjadi setiap harinya sejak tanggal 4 sampai 5 Mei 2022. Yang mana pada H+1 arus balik terdapat 6.500 penumpang dan H+2 terdapat 7.250 penumpang”, ucapnya.

Wendar menuturkan, untuk extra flight yang sudah beroprasi sejak H+1 sampai H+2 yaitu maskapai Lion Air tujuan Pontianak-Surabaya, sedangkan maskapai lainnya menyesuaikan dengan rute penerbangan yang sudah dijadwalkan.

“Sampai saat ini baru maskapai Lion Air yang sudah memberlakukan extra flight dengan tujuan Pontianak-Surabaya (pulang-pergi)”, tuturnya.

Wendar menuturkan, kondisi arus balik di bandara Internasional Supadio sejak H+1 sampai H+2 tepantau aman dan lancar serta tidak mengalami kendala apapun, kondisi kondusif ini tidak terlepas dari kerjasama dan kolaborasi yang baik antara operator bandara bersama stekholder terkait lainnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya kolaborasi dan kerjasama dengan stekholder terkait, pergerakan arus balik di bandara Internasional Supadio sampai H+3 hari ini terpantau lancar dan terkendali. Karena kami berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa penerbangan di bandara ini dengan mengoptimalkan posko terpadu lebaran tahun 2022 yang ada di bandara”, jelasnya. (RS)