CPNS 2023 Bakal Dibuka Juni: Guru & Nakes Formasi Terbanyak, Ada Juga Talenta Digital

CPNS 2023 akan dibuka bulan September Mendatang. (Ilustrasi: pusatdapodik.com)

PONTIANAK INFORMASI, NASIONAL – Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan bahwa penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Dengan demikian, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023 mendatang pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK sudah bisa dimulai.

Alex menyebut sudah ada kalendernya dari Kementerian PANRB. Seleksi akan dibuka untuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi,” ungkapnya, Kamis (19/5), seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Terkait formasi yang akan dibuka, Alex menyebut rekrutmen CPNS 2023 masih akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Pemerintah juga membuka lowongan bagi pekerja di sektor digital.

“Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, terus tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas,” ujarnya, Rabu (25/1) lalu.

Terbaru, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menerangkan pada pembukaan kali ini tidak hanya diperuntukkan bagi penyelesaian rekrutmen tenaga honorer kategori (THK) 1 dan 2. Namun, juga untuk para lulusan baru atau fresh graduate.

“Jadi kita sedang diskusi intensif di samping kita menyelesaikan pr yang kemarin itu yang THK 2, THL 1, ini ada banyak usulan supaya fresh graduate ini dilibatkan, karena banyak anak-anak fresh graduate tapi tidak ada di dalam formasi,” terang dia, Rabu (17/5) lalu, dikutip dari CNBC Indonesia.

https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/