Kesehatan Lokal Nasional News

Kasus Aktif Covid-19 di Kalimantan Turun 1,69 Persen

Ilustrasi Covid-19

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto melaporkan bahwa saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Pulau Kalimantan mulai menurun. Disebutkan olehnya, kini kasus aktif di pulau tersebut turun sebesar 1,69 persen.

“Secara umum, perkembangan kasus aktif di Kalimantan Selama Agustus 2021 mengalami penurunan sebesar -1,69 persen,” ungkap Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/8)

Meski tiga provinsi mengalami penurunan kasus aktif, masih ada dua provinsi lainnya yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara yang mengalami kenaikan kasus aktif cukup tinggi saat ini. Berdasarkan data Satgas Covid-19, kasus aktif di Kalimantan Selatan naik sebesar 34,27 persen, sedangkan di Kalimantan Utara naik 26,66 persen.

Kemudian, 13 kabupaten/kota di Kalimantan masih menerapkan PPKM Level 4, ada sebanyak tujuh kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus aktif, enam di antaranya terletak di Kalimantan Selatan.

Melansir dari CNN Indonesia, sebelumnya Airlangga sempat menggelar rapat koordinasi dengan kepala daerah dan forkopimda di wilayah Pulau Kalimantan. Diterangknnya, hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan PPKM Level 4 menunjukkan korelasi kuat antara mobilitas masyarakat dan perkembangan jumlah kasus konfirmasi dan kasus aktif di daerah tersebut.

Menurut hematnya, semakin besar penurunan mobilitas, semakin besar pula penurunan kasus. Ia pun meminta seluruh masyarakat saling bekerja sama dalam PPKM Level 4 kali ini.

“Kita harus sama-sama sadari, bahwa penerapan PPKM secara ketat tidaklah mudah bagi kita semua. Namun, mengurangi mobilitas sangatlah penting dilakukan,” tutupnya.

(CNN Indonesia)