Lokal News

Kejari Bersama Lapas dan Dinkes Ketapang Gelar Vaksinasi Tahap 1 di Lapas Kelas II B

KETAPANG – Dalam rangka memperingati Hari Adhyaksa ke-61, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ketapang menggelar kegiatan Vaksinasi tahap satu di ruang Aula Lapas Ketapang, Sabtu (17/07/2021) pagi.

Sebelumnya Kejari Ketapang juga menggelar kegiatan vaksinasi massal di halaman Kejari Ketapang pada Jumat (16/07) kemarin.

Kalapas Ketapang, Ali Imran, saat dikonfirmasi terkait kegiatan vaksinasi yang digelar di lapas ketapang mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut bentuk kerjasama atara Lapas Ketapang dan Kejari Ketapang dan Dinkes Ketapang dalam rangka memperingati hari Adhyaksa yang ke-61 sekaligus mendukung program vaksinasi nasional guna mencegah penyebaran Covid 19, khususnya di dalam lapas.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Bapak Kajari Ketapang dalam rangka memperingati hari Adhyaksa ke-61 yang bekerjasama dengan Lapas dan pihak Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Kalapas menjelaskan, ada sebanyak 130 kuota vaksin yang dikhususkan untuk pegawai dan warga binaan yang produktif.

“Total kuota vaksin ada 130, namun yang digunakan hanya 115, karena ada sebagian pegawai yang mempunyai riwayat penyakit lain sehingga belum bisa divaksin namun untuk warga binaan sendiri sebagian terkait masalah identitas KTP,” jelasnya.

Diakui Kalapas, dari 115 tersebut sebanyak 45 pegawai termasuk keluarga besar lapas sudah divaksin dan sisanya untuk warga binaan.

Kalapas menambahkan, bahwa pada saat ini warga binaan lapas ketapang berjumlah 817, sementara yang divaksin baru sekitar 70 orang.

Kalapas berharap, ada penambahan kuota vaksin untuk warga binaan yang lainnya.

Sementara itu, Kajari Ketapang Alamsyah mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan pihaknya dalam rangka memperingati hari Adhyaksa ke-61 guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Dalam rangka memperingati hari Adhyaksa ke-61 Kejari Ketapang menyelenggarakan vaksinasi massal guna mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Lanjut Kajari menjelaskan ada sebanyak 300 kuota vaksin yang disiapkan oleh pihaknya, yang mana 170 vaksin diselenggrakan di Kantor Kejaksaan dan 130 vaksin diselenggarakan di Lapas Ketapang.

“Kegiatan vaksinasi ini kita selenggarakan selama dua hari di kejaksaan dan di lapas ketapang,” imbuhnya.