Program Profesi Ners Angkatan 8 Untan Gelar Webinar Nasional Keperawatan

Program Profesi Ners Angkatan Delapan (Pronapan 2020) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) selenggarakan Webinar Nasional Keperawatan. Mengusung tema “COVID-19: Apa Yang Perlu Diketahui Masyarakat?”, webinar diselenggarakan daring via Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Profesi Angkatan Delapan, Sabtu (17/7/2021).

Hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kalbar Antonius Suprayogi, Praktisi Keperawatan RSUD Dr. Soedarso Pontianak Ns. Ikhsan Budhiarto, dan Kepala Seksi Keperawatan RSUD Pringsewu Lampung Ns. Dian Asih Rianty.

Dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untan Doktor Achmadi, peserta yang hadir kurang lebih sekitar 230 orang. Peserta webinar juga diikuti oleh mahasiswa/I dari luar Kalbar, diikuti juga oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Doktor Achmadi mengapresiasi acara yang diadakan oleh mahasiswa/i Profesi Ners. Dia juga berharap acara webinar mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait vaksin COVID-19, sehingga dapat meningkatkan kesadaran mereka untuk mau menerima vaksin.

“Semoga webinar ini mampu memberikan edukasi dengan baik dan benar, sehingga pemahaman masyarakat tentang vaksin COVID-19 semakin meningkat,” tambahnya dari ruang Wakil Rektor, seperti dikutip dari Kite Promoin.

Senada dengan Doktor Achmadi, Dekan Fakultas Kedokteran Untan dr. Muhammad Asroruddin juga mengharapkan hal yang serupa.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa memberikan informasi yang benar dan valid kepada masyarakat. Kami dari fakultas sangat menyambut baik kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Muhammad Zakaria menjelaskan bahwa tujuan diadakannya webinar hari ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan informasi serta bertukar pikiran terkait apa yang perlu diketahui masyarakat terkait COVID-19. Di samping itu, acara webinar juga bagian dari perampungan studi keperawatan mahasiswa Profesi Ners Angkatan 8 di stase komunitas, keluarga dan gerontik.

“Ini merupakan salah satu bentuk promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan kita pada masa pandemi COVID-19 ini,” tambah Zakaria.

Lebih lanjut, Zakaria berharap, webinar dapat menambah pengetahuan masyarakat dapat bertambah dan mengurangi tingkat kecemasan terhadap COVID-19. Ia juga mengajak peserta untuk ikut vaksin.

“Semoga dengan adanya PPKM Darurat di Pontianak dapat menurunkan penyebaran COVID-19, dan jangan lupa untuk peserta yang belum melakukan vaksin, ayo kita vaksin di daerah masing-masing dengan membawa KTP ke tempat pelaksanaan vaksin,” tutupnya.

Kemudian, Ketua Program Studi Profesi Ners Untan, Sukarni berharap acara webinar dapat menjadi role model untuk peserta ataupun mahasiswa dalam menghadapi pandemi COVID-19. Mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam memberikan edukasi atau informasi yang benar dan bermanfaat ke masyarakat. Kemudian, Dia juga berharap mahasiswa bisa menjadi motor penggerak untuk mengajak masyarakat ikut program vaksinasi agar imunitas tubuh mereka meningkat.