News

Kerahkan Vaksinator, Pemkab Kubu Raya Percepat Vaksinasi Covid-19

Foto: InfoPublik

Percepat vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat mengerahkan vaksinator. Sejumlah vaksinator seperti tenaga kesehatan dan TNI-Polri digandeng guna mempercepat capaian vaksinasi covid.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan bahwa pihaknya juga membutuhkan bantuan TNI-Polri untuk menambah tenaga vaksinator.

“Jumlah nakes di Kubu Raya baik yang PNS maupun yang non-PNS sebanyak 1.979 orang dan ini tersebar di seluruh kecamatan di Kubu Raya, mereka ini adalah tenaga vaksinator. Kemudian kita juga dibantu TNI-Polri yang juga sudah dilatih menjadi vaksinator, sehingga diharapkan untuk tenaga vaksinator tidak ada kendala,” katanya.

Kemudian, Bupati Muda menuturkan bahwa ketersediaan vaksin yang terbatas kini menjadi permasalahan percepatan vaksinasi di daerahnya. Hal ini juga sempat terjadi di daerah lainnya di Kalbar. Ditambahkannya, terkait kesadaran masyarakat setempat untuk divaksin sudah tidak perlu diragukan lagi karena selama ini mereka selalu antusias mengikuti vaksinasi Covid-19.

Memanfaatkan ketersediaan vaksin yang ada saat ini, Pemkab Kubu Raya bersama kodim, polres, dan jajaran akan terus berupaya mempercepat vaksinasi bagi lansia, masyarakat umum, dan pelayan publik.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa vaksinasi hingga saat ini tidak hanya diselenggarakan di aula kantor bupati setempat, tapi juga di luar kantor bupati dengan memasang tenda agar program vaksinasi bisa lebih cepat diberikan kepada masyarakat Kubu Raya.

Pihaknya juga tengah menghabiskan stok vaksin yang ada sekarang. Usai stok tersebut habis, Pemkab Kubu Raya akan mengajukan pengiriman vaksin lagi

“Kalau vaksinnya tidak ada, jelas kita tidak bisa melakukan vaksin, karena dari kuota yang kita ajukan, ketersediaannya tidak mencukupi. Namun, kita akan mempercepat proses vaksinasi yang sudah ada saat ini agar kita bisa segera mengajukan lagi,” pungkasnya.

(Antara Kalbar)