Lokal News

Pemkot Pontianak Serahkan Bantuan Motor Ambulance dari Pegadaian Syariah Ke ACT Kalbar

Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyerahkan bantuan satu unit sepeda motor ambulance dari Pegadaian Syariah kepada Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Barat (ACT Kalbar). Bantuan diserahkan langsung Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Senin (11/10/2021).

Bahasan menerangkan, kendaraan sepeda motor ambulance yang nantinya digunakan untuk pelayanan medis itu merupakan bantuan yang dihimpun dari infaq dan sedekah dari nasabah Pegadaian Syariah. 

Pada kesempatan itu, Bahasan mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pegadaian Syariah yang telah menghibahkan bantuan sepeda motor ambulance. Menurutnya, hibah tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam pelayanan medis ditengah pandemi.

“Hal ini sebagai bentuk kepedulian para stakeholder dalam mensejahterakan masyarakat secara luas,” terangnya, mengutip dari Rilis Prokopim Pemkot Pontianak, Senin (11/10/2021).

Bahasan menilai bantuan sepeda motor ambulance yang diserahkan kepada ACT Kalbar ini sebagai langkah yang tepat dimana saat pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang bersifat mobiling.

Ditambahkannya, penyediaan sepeda motor ambulance ini juga sebagai bentuk sinergitas antara Pegadaian, ACT Kalbar dan Pemerintah Kota Pontianak dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan.

“Kami akan terus melakukan sinergitas dan kita bersama-sama membangun untuk kepentingan masyarakat,” tegas dia.

Pimpinan Pegadaian Syariah Kota Pontianak, Muhammad Ikhlas menjelaskan, ambulance sepeda motor merupakan bantuan wakaf dari nasabah Pegadaian Syariah yang disalurkan kepada ACT.

“Tujuannya untuk membantu warga Kota Pontianak terutama pada daerah terpencil jangkauannya sehingga jika memerlukan obat-obatan terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat sekarang dapat bermanfaat,” pungkasnya.

Ikhlas berharap, kedepan bantuan ini tidak hanya berupa kendaraan sepeda motor tetapi juga mobil ambulance. Program serupa akan berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menyalurkan dana kebajikan umat, lanjut dia.

“Kita juga ada pemberdayaan perbaikan masjid, mushola, panti asuhan dan panti jompo,” terangnya.

Lebih lanjutnya, Ikhlas mengungkapkan bahwa program bantuan-bantuan sosial yang diberikan pihaknya merupakan bentuk kepedulian Pegadaian Syariah terhadap kebutuhan masyarakat. Ikhlas menegaskan, Pegadaian Syariah dalam ranahnya tak hanya fokus pada profit atau keuntungan, tetapi juga peduli terhadap kepentingan umat dan masyarakat miskin.

“Bertepatan Hari Jadi Kota Pontianak nanti, kami juga akan menyerahkan bantuan 200 paket sembako untuk masyarakat miskin,” tutup Ikhlas.