Lokal News

Dukung Baksos RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Wako Edi: Ringankan Beban Warga

Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Pontianak – Wali Kota (Wako) Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyambut baik dan mendukung kegiatan baksos yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak dan HUT ke-250 Kota Pontianak, Sabtu (16/10/2021).

Ada beberapa kegiatan baksos yang digelar, di antaranya vaksinasi dengan target seribu orang, khitanan massal, pemasangan alat kontrasepsi KB jenis IUD, donor darah dan sebagainya.

Edi Kamtono menyebut, baksos meringankan beban masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini bertepatan momen HUT RSUD SSMA dan Hari Jadi Kota Pontianak.

“Baksos yang digelar seperti vaksinasi, khitanan massal dan pemasangan alat kontrasepsi gratis ini sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan,” sebutnya, mengutip rilis Prokopim Pemkot Pontianak, (16/10).

Vaksinasi, lanjut Edi dilaksanakan untuk memperluas cakupan vaksinasi di Kota Pontianak yang ditargetkan rampung 70 persen akhir Oktober 2021 ini.

“Target kita akhir Oktober bisa mencapai 70 persen dan saat ini sudah diatas 60 persen,” pungkas Edi.

Direktur RSUD SSMA Kota Pontianak, dr Rifka menjelaskan, ulang tahun rumah sakit yang dipimpinnya ini jatuh pada tanggal 24 Oktober 2021 mendatang. Namun, serangkaian kegiatan digelar duluan.

“Selain baksos ini, puncak acaranya nanti juga ada berbagai lomba di rumah sakit seperti cerdas cermat dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu yang juga hadir mendampingi Wako Edi berpesan agar pelaksanaan baksos mengedepankan protokol kesehatan.

“Antisipasi kerumunan, nanti dari prosedur tetap akan memperhatikan protokol kesehatan mulai dari pembagian kartu dan lain sebagainya,” pesan dia.