Lokal News

Dua Peserta Kafilah PWNU Kalbar Berhasil Raih Juara 1 MTQ Porseni NU di Surakarta

PONTIANAK INFORMASI, SURAKARTA – Peserta Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dari Kontingen Kalimantan Barat berhasil meraih juara dalam rangka Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) di Surakarta Solo Jawa Tengah pada Sabtu (21/1/2023).

Porseni NU ini merupakan agenda kegiatan dari rangkaian satu abad NU. Sekaligus untuk mencari potensi kader-kader Nahdlatul Ulama.
Dua Peserta Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang mewakili PWNU Kalimantan Barat ini adalah kategori Pelajar Putri atas nama Malikah Khaira Khalqillah dan kategori Santri Putri atas nama Safarina.

Adapaun juara yang diperoleh yakni Malikah Khaira Khalqillah mendapat juara 1 pelajar putri, sementara kategori santri putri atas nama Safarina mendapat juara 3. Keduanya juga berhak memperoleh bonus beasiswa kuliah di UIN Surakarta.

Dalam keterangannya Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat, M. Nurdin, S.Pd mengatakan bahwa prestasi yang dicapai kedua peserta dari PWNUI Kalbar ini menjadi motivasi dalam menggali potensi para kader NU di Kalimantan Barat.

“Selain prestasi, mereka juga supaya bertambah pengalaman bertemu dengan kontingen dari seliruh Indonesia,” jelas M. Nurdin.

M. Nurdin, S.Pd menjelaskan dengan bekal teknik membaca Al-Qur’an yang sudah mumpuni dua peserta tersebut pantas menjadi juara namun memang harus lebih banyak mengikuti kegiatan lomba seperti ini sebagai uji kemampuan diri santri.

“Memang MTQ harus rajin berlatih dan jaga kondisi suara. Misalkan ada lomba bisa langsung bertanding dan sudah siap,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Kafilah Porseni NU PWNU Kalbar, Drs. H. Ahmad Faruki, M.Pd, mengucapkan rasa bangganya atas perolehan kejuaraan kali ini. Terima kasih kepada pembimbing yang tak bosan memberi ilmu tilawah yang memang tidak semua orang bisa.

“Tambahan poin untuk prestasi Kontingen Kalimantan Barat. Kami sedang mendongkrak kejuaraan dari berbagai bidang agar agenda porseni kedepannya bisa siap dan meraih juara lebih banyak lagi,” pungkas H. Faruki. (RS)