Lokal News

Masjid Al Aqsha Kelurahan Saigon Gelar Isra Mi’raj, Habib Rizal : Hari yang Diperintahkan Sholat Waktu

Berita Pifa, PONTIANAK INFORMASI – Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H di halaman masjid Al Aqsha,  Saigon jalan Padat Karya , Kompek Palestina V , Kelurahaan Saigon Pontianak Timur yang dihadiri hampir 1000 jamaah berlangsung khidmat dan tertib. Undangan VIP 400 jamaah antara lain yang hadir tokoh agama, pemuka masyarakat, sisanya masyarakat umum. 

Tausyiah Isra Mi’raj disampaikan oleh Al Habib Rizal Hasan Alqadrie. “Perintah sholat lima waktu disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada saat isra mi’raj”, ujar Habib Rizal Hasan Alqadri dihadapan jamaah yang menghadiri Isra Mi’raj di halaman masjid Al Aqsha, Minggu malam usai sholat Isya berjamaah (27/02/2022) malam.

Tampak para pengurus Masjid Al Aqsha ikut mendampingi Habib Rizal Hasan Alqadri antara lain Dedi Gunawan dewan pembina masjid Al Aqsha , Ruki Fachrul Fauzi Mawaldi DKM , Rusli Syauti SP.DI DKM 

T. Rudiyanto,SE ketua DKM.

Menurut Ruki Fachrul Fauzi Mawaldi  hikmah yang dipetik dalam ceramah perjalanan isra mi’raj nabi Muhammad Saw adalah kita semua bisa melaksanakan sholat lima waktu.

“Selain itu dengan isra mi’raj memperkuat silaturahmi dan ukhuwa islamiyah sesama umat islam juga saling memperkuat keagamaan,” ujar Rudiyanto ketua DKM menambahkan.

Saat ditanya soal aturan pengeras suara azan oleh pemerintaj, Dedi Gunawan dewan pembina masjid mengatakan agar pemerintah memberikan keleluasaan pengurus mengatur secara otonomi masjid masing masing. Dia juga berharap pemerintah memberikan bantuan toa terhadap masjid yang alat toanya telah usang.

Thema isra mi’raj yang ditekankan pada peringatan kali ini adalah dengan hikmah peringatan isra miraj  nabi Muhammad Saw kita tingkatkan tali silaturahmi di antara kita.

Habib Rizal Hasan Alqadri menambahkan

bahwa nabi Muhammad Saw berharap agar seluruh umatnya di masukan ke syurganya Allah Swt.

Isra mi’raj merupakan hari yang berkah, hari yang dimana diperintahkan Allah Swt mengerjakan sholat 5 waktu.

“Nabi Muhammad Saw merupakan kekasih Allah, pemimpin para nabi, pemimpin para rasul, ada puasa, ada zakat, ada idul fitri, dan ada idul adha,” ungkap Habib Rizal.

“Isra miraj merupakan hari dimana nabi Muhammad Saw di angkat ke  langit yang tertinggi. Allah menurunkan 313 rasul dan 124 nabi, namun hanya 25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui,” papar Habib Rizal.

“Ilmu harus di amalkan, orang yang tidak berilmu seperti mayat hidup, dengan ilmu maka kita akan selamat, tanpa ilmu jangan harap anak kita jadi anak yang soleh,” ujarnya. (RS)