Lokal News

Upaya RSUD Dr Soedarso Kembangkan Jejaring Melalui Webinar Vascular Roadshow

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional yang  menyediakan kualitas pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Kalimantan Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso Pontianak memiliki kewajiban mengembangkan jejaring di rumah sakit daerah.

Untuk itu RSUD dr Soedarso bekerja sama dengan Tim Vaskuler RS Harapan Kita mengadakan webinar, dalam rangkaian  Vascular Roadshow yang di selenggarakan di Hotel Mercure Pontianak, pada Sabtu (18/06/2022).

Diketahui setelah mengadakan kegiatan Vascular Roadshow selanjutnya dilakukan kegiatan Proctorship di Cathlab RSUD dr Soedarso, hal sebagai wujud penting bagi setiap petugas medis di Kalbar untuk dapat mendiagnosa penyakit terkait pembuluh darah dan merujuk ke RSUD Dr. Soedarso sebagai RS rujukan nasional.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur RSUD Soedarso drg. Yuliastuti Saripawan, M. Kes, serta turut hadir juga dikegiatan tersebut  Ketua PERKI dr. Infan Ketaren, Sp.JP(K), FIHA, FAsCC, Ketua IDI Kalbar serta dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari berbagai daerah di Kalimantan Barat serta tamu undangan lainnya.

Webinar Hybrid ini menghadirkan beberapa narasumber beserta peserta terbatas di  hotel Mercure.  Secara bersamaan, webinar ini disiarkan langsung serta diikuti peserta secara daring dari dari berbagai daerah di Indonesia hingga mencapai jumlah pendaftar nyaris 2000 orang.

Direktur RSUD dr Soedarso drg. Yuliastuti Saripawan, M. Kes, menyampaikan bahwa RSUD dr Soedarso sudah menjadi Rumah Sakit rujukan Nasional . Sehingga beliau mengharapkan rs di daerah dapat menjadi rs jejaring yang tangguh dan mengirim kasus-kasus yang dapat dikerjakan di RSUD dr Soedarso.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bagaimana perkembangan luar biasa, alhamdullilah  RSUD dr Soedarso sudah menjadi RS Rujukan Nasional artinya sama kedudukan dengan dengan yg lainnya seperti di Daerah Jawa,” ujarnya, diiring tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir.

Dia juga mengatakn dalam 3 tahun ini RSUD dr Soedarso mendapat dukungan yang sangat baik   dari beberapa pihak dan juga Kementrian Kesehatan.

“Untuk SDM (Sumber Daya Manusia) kita  sudah sangat  mumpuni, kenapa saya sampaikan disini,  karena disini banyak sekali anak muda yang hadir agar menjadi pemacu untuk mereka terus berkembang dan berkomitmen untuk membangun Kalimantan Barat,” sampainya.

Selain itu Direktur RSUD dr Soedarso juga mengungkapkan di bangunan baru RS juga sudah disiapkan beberapa fasilitas secara bertahap, termasuk Pusat Jantung Terpadu.

“Tahun ini RSUD dr. Soedarso akan membangun radio terapi, untuk pemenuhan layanan kesehatan masyarakat, selain itu juga ada gedung yang baru ada 14 kamar operasi  dan juga ruangan infeksius yang berstandar,” ungkapnya.

Dia berharap di Kalimantan Barat yang  berbatasan langsung dengan negara tetangga, terdapat RSUD dengan layanan yang tak kalah baiknya, agar masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan yang memadai di daerah tanpa harus berobat ke Luar Negeri.

“Adalah tugas kita membangun RSUD di kalbar, supaya masyarakat bisa mendapatkan akses kesehatan. Dulu banyak masyarakat yang bangga karena sudah berobat ke luar negeri (Malaysia), nah sekarang diharapkan nanti masyarakat harus bangga juga kalau mereka bisa berobat di RSUD dr Soedarso sebagai RS rujukan nasional di kalbar,” tutupnya. (ja)