Nasional News

PKB Rencanakan Duet Prabowo-Cak Imin untuk Pilpres 2024

Foto: Antara Foto/Muhammad Adimaja

Berita Nasional, PONTIANAK INFORMASI – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana mengusung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kabar duet ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan, kerja sama kedua partai ini bertujuan untuk mempermudah proses pengusungan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan dijagokan keduanya.

“Ini hanya menunggu janur melengkung kami resmikan siapa Presiden dan Wakil Presidennya. Misalkan Mas Bowo dengan Gus Muhaimin,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (20/6/2022).

Dia menambahkan, meski sudah terjalin kerja sama, keduanya masih membuka peluang partai lain bergabung sebagai koalisi. Menurutnya, Gerindra merupakan salah satu pilihan realistis bagi partainya untuk dapat memenangkan pemilu mendatang.

“Kalau bersama Gerindra ini lebih realistis dan lebih cepat untuk mencari pasangan dan memasangkan siapa Presiden dan Wakil Presidennya,” tambah Jazilul.

Dia menjelaskan kedua partai yang saling bekerja sama itu nantinya akan dapat memenuhi persyaratan Presidential Threshold sebanyak 20 persen, agar dapat maju ke Pilpres 2024.

“Tetapi kami tetap membuka dan Gerindra juga sepakat untuk membuka siapa tahu masih ada partai-partai lain. Misalkan Demokrat, PKS, NasDem untuk bergabung,” jelasnya.

Sebagai informasi, melansir CNNIndonesia.com, Partai Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama setelah dua ketua umum partai tersebut menjalin pertemuan di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (18/6) malam.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo mengatakan langkah itu diambil untuk dapat menyukseskan kontenstasi politik pada 2024 mendatang. Prabowo menilai Gerindra merupakan partai dengan konstituen besar sehingga dirinya merasa punya tanggung jawab.

Sementara itu, Cak Imin mengatakan bahwa kerja sama keduanya bisa dilanjutkan dengan partai-partai lain demi menghadapi Pemilu 2024.

“Malam hari Ini semakin menguat kerja sama itu sampai pada kesimpulan apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg dan Pilkada di 2024,” katanya. (yd)

Tags