Kronologi Bus Pariwisata SMK Lingga Kencana Depok Terguling di Subang, 11 Orang Tewas

PONTIANAK INFORMASI, NASIONAL – Kecelakaan tragis mengguncang perjalanan rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok, ketika bus pariwisata yang mereka tumpangi terguling di jalan Subang pada pukul 18.45 WIB, Sabtu (11/5/2024).

Peristiwa naas itu bermula ketika bus dengan nomor polisi AD 7524 OG sedang dalam perjalanan dari Bandung menuju Subang. Saat melewati jalan menurun, bus tiba-tiba oleng ke kanan dan menyeberang ke jalur sebelahnya, menabrak sebuah minibus tipe Feroza dengan plat nomor D 1455 VCD dari arah berlawanan.

Tabrakan maut ini menyebabkan bus tersebut terguling ke kiri, menabrak tiga sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan, dan akhirnya berhenti setelah menabrak tiang di pinggir jalan arah Subang ke Bandung, tepat di depan Masjid As Saadah. Kondisi korban dilaporkan berserakan di jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, Asep Setia Permana, menduga kecelakaan tersebut terjadi karena rem blong, membuat bus kehilangan kendali saat melintasi jalan menurun.

Rombongan pelajar ini diketahui sedang dalam perjalanan pulang usai merayakan perpisahan sekolah. Saat ini, korban yang meninggal dunia telah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng Subang, sementara korban yang mengalami luka-luka telah dilarikan ke puskesmas dan klinik kesehatan untuk mendapatkan perawatan medis. (ad)