Internasional News

Menyusul AS, China Janjikan 2 Miliar Dosis Vaksin dan 100 Juta Dolar Bantu Pandemi Dunia

Presiden China XI Jinping. Foto: AFP/ Anthony Wallace

Presdien China Xi Jinping mengatakan pihaknya berjanji akan memberikan bantuan dua miliar dosis vaksin Covid-19 kepada dunia untuk penanganan pandemi. Kemudian, mereka juga akan memberikan 100 juta dolar kepada Covax untuk membantu distribusi vaksin global ke negara-negara berkembang.

Pernyataan bantuan tersebut disampaikan oleh Xi Jinping dalam sambutannya di Forum Kerja Sama Internasional Vaksin Covid-19, Kamis (5/8/2021).

“Sepanjang tahun ini, China akan berusaha untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin ke dunia,” ungkap Xi dalam sambutan tertulisnya seperti dikutip dari AFP.

Xi menyebutkan bantuan 3 miliar dolar itu nantinya akan disalurkan untuk membantu pemulihan ekonomi negara-negara berkembang yang sedang kesusahan menghadapi pandemi.

Janji bantuan vaksin itu disampaikan oleh Xi setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan telah menyumbangkan lebih dari 100 juta vaksin Covid ke berbagai negara di dunia.

Melansir dari CNN Indonesia, akhir bulan ini, Amerika akan mulai mengirimkan 500 juta dosis Pfizer tambahan yang telah dijanjikan ke 100 negara berpenghasilan rendah.

(CNN Indonesia)