Kesehatan News Tips dan Trik

Cara Mengatasi Gatal Alergi dan Biduran

Ilustrasi Gatal akibat Alergi dan Biduran. Foto: Kite Promoin

Sudah tahukah kamu cara mengatasi gatal akibat alergi dan biduran?

Biduran adalah salah satu jenis penyakit kulit yang muncul akibat alergi. Salah satu ciri utama biduran adalah munculnya reaksi pada kulit yang ditandai dengan timbulnya bentolan berwarna merah  atau ruam dan disertai gatal.

Nama lain dari biduran adalah urtikaria yang biasanya timbul di seluruh  badan atau hanya beberapa di bagian tubuh. Makanan dapat memicul  timbulnya ruam ini pada tubuh. Hal ini menyebabkan sistem imun mengeluarkan zat histamine. Zat inilah yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala biduran. Faktor lain dari biduran yaitu reaksi terhadap suhu panas, olahraga, infeksi, atau penyakit tertentu seperti penyakit tiroid atau kanker.

Jenis-jenis Biduran

Ketika kita terkena biduran tentunya kulit terasa sangat gatal dan panas. Hal ini karena sejumlah kecil cairan pada pembuluh darah yang berada di bawah permukaan kulit mengalami kebocoran sehingga rasa gatal itu timbul. Namun, perlu kalian tahu biduran sendiri ada dua jenis yaitu biduran akut dan biduran kronis.

Biduran akut dapat berkembang secara tiba-tiba dan berlangsung kurang lebih enam minggu. Jenis biduran ini timbul pada semua orang dan tidak memandang usia, biduran akut akan timbul lagi dan lagi. Selain itu, ada biduran kronis yaitu biduran yang dapat terjadi lebih dari enam minggu. Namun, jenis biduran ini jarang terjadi.

Tanda Munculnya Biduran

Ada beberapa tanda-tanda ketika kita sedang mengalami urtikaria atau biduran pada tubuh kita, yaitu pertama timbulnya rasa gatal yang diikuti dengan ruam berwarna merah dan ruam merah tersebut berbentuk oval atau seperti cacing. Selain itu, perlu kalian tahu jangan kaget ketika sering mengalami biduran sebab penyakit jenis ini sering melanda manusia pada umumnya.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang mudah mengalami biduran yaitu pernah mengalami urtikaria atau angiodema sebelumnya, pernah mengalami reaksi alergi yang lain, memiliki gangguan yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan angiodema, seperti lupus, limfoma, atau penyakit tiroid dan memiliki faktor genetik yang menurunkan urtikaria, angiodema, atau angiodema herediter.

Cara Mengatasi Biduran

Bagaiamana cara mengatasi gatal pada kulit akibat alergi dan biduran?

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Agar dapat mengurangi gatal yang dirasakan, penderita disarankan untuk mandi air dingin.
  2. Kemudian, kedua mengonsumsi obat-obatan seperti obat antihistamin, kortikosteroid, agonis leukotrien, dan omalizumab. Obat-obat jenis ini diperuntukkan untuk jenis biduran kronis atau yang sering timbul  berulang-ulang.
  3. Ketiga, apabila biduran yang dialami ternyata penyebabnya adalah alergi terhadap makanan, stress, obat-obatan atau suhu panas maka dapat dicegah dengan menjauhi hal-hal tersebut.
  4. Terakhir, apabila biduran yang di derita tidak kunjung sembuh maka konsultasi lah kepada dokter.

Penulis: Fani Indriani, Mahasiswi Angkatan 2019 Prodi Kimia Fakultas MIPA Universits Tanjungpura, Pontianak.

Artikel di atas telah terbit di Kite Promoin (2/12/2020)

Artikel tersebut merupakan salah satu artikel terpilih dari penugasan peserta Leadership Training 2 BEM FMIPA Untan yang dipilih oleh pihak penyelenggara.