Lokal News

Pendaftaran Seleksi UTM Mandiri Untan 2021 Ditutup 3 Hari lagi, Berikut Alur Pendaftarannya

Pendaftaran Ujian Tulis Masuk (UTM) Universitas Tanjungpura tahun 2021 ditutup 3 hari lagi, pada 18 Juni 2021. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://scmb.untan.ac.id. 

Seleksi jalur UTM Untan dilaksanakan dengan menggunakan metode ujian tertulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan. 

“Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang studi sains dan teknologi (Saintek), dan/atau sosial humaniora (Soshum),” dikutip dari situs SCMB Untan.

Tak hanya itu, selain mengikuti ujian UTBC, peserta yang memilih program ilmu seni pertunjukan dan/atau keolahragaan diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan.

Melansir dari laman SCMB Untan, calon peserta yang hendak mendaftar harus terlebih dahulu mengisi data lengkapnya untuk mencetak KAP-PIN. Pengisian registrasi dapat dilakukan dengan mengklik gambar Cetak KAP-PIN pada laman artikel “PENDAFTARAN SELEKSI UTM UNTAN 2021 

Mengutip dari situs SCMB Untan, berikut ini adalah detail alur pendaftaran UTM Untan 2021:

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.id untuk mendapatkan Kode Akses Peserta (KAP) dan PIN peserta tes Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  2. Calon peserta kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta test Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  3. Teller menerima uang pembayaran dan memastikan transaksi ke dalam sistem Host to Host (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan MENCETAK KARTU PESERTA TEST LAINNYA secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.
  6. Biaya kuliah untuk Kelas Reguler (kelas pagi) adalah biaya UKT sedangkan Kelas Mandiri (Kelas Sore dan Malam) dikenakan biaya Non UKT. Besarnya biaya kuliah dapat dilihat pada laman http://keuangan.untan.ac.id
  7.