Tips dan Trik

Rekomendasi 7 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Di Rumah Selama PPKM Darurat

Rekomendasi Aktivitas Seru selama di PPKM Darurat

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diputuskan oleh Pemerintah Pusat pada awal Juli 2021 kini mewajibkan kita untuk tetap di rumah saja, aktivitas kita pun kian terbatas. Agar tidak bosan dan bingung dalam mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah, berikut rekomendasi aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan.

PPKM Darurat diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi lewat siaran live YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021). Keputusan tersebut ditetapkan oleh Jokowi setelah mendapatkan masukan dari para menteri, ahli kesehatan, dan berbagai kepala daerah. 

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali,” ujar Jokowi.

Selain Jawa dan Bali, 15 kabupaten/kota di luar kedua pulau tersebut juga akan melaksanakan PPKM Darurat. Pelaksanaanya serentak diberlakukan mulai tanggal 12 hingga 20 Juli 2021. PPKM Darurat di Provinsi Kalimantan Barat diberlakukan untuk Kota Pontianak dan Singkawang.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang juga selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Pontianak, mengatakan bahwa penentuan PPKM Darurat berdasarkan analisis pemerintah pusat terhadap daerah-daerah yang dikategorikan dalam zona merah Covid-19.

Melansir dari Merdeka.com, berikut 7 rekomendasi aktivitas seru yang bisa kita lakukan di rumah selama masa PPKM Darurat:

1. Perawatan Tubuh

Selama WFH (Work From Home) waktu luang seusai bekerja bisa kita isi dengan melakukan perawatan tubuh, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Beberapa perawatan rumahan yang direkomendasikan diantaranya adalah maskeran, lulur, spa dan creambath.

2. Movie Marathon

Aktivitas berikutnya ialah Movie Marathon. Aktivitas tersebut sangat direkomendasikan karena dapat mengurangi kejenuhan kita selama berakhir pekan ataupun saat selepas bekerja.

Ada banyak pilihan film yang dapat ditonton, mulai dari film seri lama hingga yang terbaru, mulai dari genre action, petualangan hingga drama percintaan. Sebelum Movie Marathon, siapkan tempat nonton yang nyaman dan kudapan bergizi untuk menemani acara menonton agar aktivitas kita dan keluarga lancar membahana.

3. Baca Buku

Bila senang membaca buku, bacalah buku-buku yang belum sempat kita baca. Selain menambah wawasan, membaca buku juga dapat mempersempit rasa bosan kita selama karantina di rumah. Sama halnya dengan poin kedua di atas, persiapan untuk mencari tempat yang nyaman dan kudapan sebelum membaca buku juga penting dilakukan.

4. Berkebun

Mengutip dari salah satu kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diinisiasikan oleh Dirjen Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia, berkebun merupakan satu diantara bentuk peningkatan aktivias fisik. Di samping itu, berkebun bisa untuk menyalurkan hobi. Pilihannya, kita bisa menanam tanaman hias, bunga, sayur-sayuran ataupun buah-buahan.

GERMAS Kementerian Kesehatan menganjurkan kita untuk melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik lainnya yang bisa dilakukan adalah mencuci baju, mengepel, jalan kaki, membersihkan jendela, menyetrika, bermain dengan anak, olahraga ringan di pekarangan rumah dan sebagainya.

5. Memasak

Selain berkebun, memasak juga merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan dan digemari selama pandemi. Sebab memasak bisa menghemat pengeluaran untuk membeli makanan dan menjadi rutinitas untuk penyaluran hobi.

6. Bermain bersama keluarga

Kemudian, aktivitas berikutnya adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga seperti bermain monopoli, ludo, ular tangga, halma dan masih banyak lagi. Selain mengdatangkan kegembiraan, bermain bersama keluarga membuat suasana menjadi lebih akrab. Melakukan permainan interaktif dan seru juga dapat membuat kita dan keluarga tidak gampang bosan selama di rumah.

7. Dekorasi Ulang

Selanjutnya, dekorasi ulang isi rumah. Aktivitas ini bisa saja menghilangkan rasa bosan suasana rumah Contohnya, kita bisa menata dan mendekorasi ulang rumah dengan memindahkan furnitur, mengecat atau membuat dekorasi baru juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang ketika kita dituntut tetap di rumah selama masa PPKM Darurat. Kegiatan ini bisa memberikan nuansa baru di rumah kita.